PENIKMAT SENJA

Orang Bodoh Yang Tak Kunjung Pintar. Di Jalan Yang Semoga Jalan-Nya

disamping bahaya, tapi masih ada manfaatnya kopi

Banyak alasan orang untuk menkonsumsi minuman kopi, baik kopi dalam kemasan atau kopi instan. Disini saya akan menukil suatu kitab kuno dengan judul “Fathul Majid” yang menjelaskan bahwa “liannal qohwah mudzakkiyatun lilfahmi” yang artinya bahwa sesungguhnya kopi itu dapat mencerdaskan pemahaman. Dari situ banyak sekali cendekiawan-cendekiawan muslim (ulama’) yang kehidupan sehari-harinya selalu menkonsumsi kopi. Demikian juga para ilmuan-ilmuan dan praktisi yang tak luput dari mengkonsumsi kopi. Dalam Wikipedia dijelaskan bahwa kata kopi sendiri berasal dari bahasa Arab qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi. Kata qahwah kembali mengalami perubahan menjadi kahveh yang berasal dari bahasa Turki dan kemudian berubah lagi menjadi koffie dalam bahasa Belanda. Penggunaan kata koffie segera diserap ke dalam bahasa Indonesia menjadi kata kopi yang dikenal saat ini.
Apa hubunan kopi itu sendiri dengan kecerdasan manusia? Dalam biji kopi terdapat zat-zat kimia diantaranya:
• Kafein
• Trigoneline
• Protein dan Asam Amino
• Karbohidrat
• Asam Alifatik (asam karboksilat)
• Asam Klorogenat
• Lemak dan turunannya
• Glikosida
• Mineral
• Komponen Volatil
Zat kafein inilah yang nantinya akan menimbulkan suatu rangsanagan ke fikiran, sehingga akan memacu kemampuan berfikir manusia.
Adapun manfaat dari zat kafein itu sendiri diantaranya adalah;
Sebagai kelompok senyawa metilsantin, kopi merupakan salah satu tumbuhan yang mengandung kafein tidak hanya itu saja kopi juga mengandung senyawa trofilin dan teobromin. Kafein memang masuk dalam golongan zat yang punya kemampuan menstimultan otak. Kalau dipisahkan dari zat-zat lainnya, kafein aslinya berbentuk bubuk putih dengan rasa agak pahit, namun bagi pemakainya akan mendapatkan kekuatan ekstra untuk berperang melawan rasa lelah, karena munculnya semangat yang tinggi.
Tidak hanya memberikan kebugaran pada tubuh, kopi terbukti bisa membantu berpikir lebih cepat, seseorang yang akan melakukan wawancara pekerjaan atau memberikan presentasi, jika minum kopi 15 menit atau 30 menit sebelum acara dilakukan, hasilnya akan cukup lumayan, karena kafein dalam kopi ternyata mampu memberikan sinyal pada otak untuk lebih cepat merespon dan dengan cepat mengolah memori pada otak Sebuah fenomena yang bukan sekedar sugesti belaka, tetapi bisa dijelaskan secara ilmiah.

Mengapa kafein dapat mempertajam daya ingat? Salah satu yang membuat orang mudah tidur adalah peran senyawa adenosin dalam sel otak, jika zat ini terikat oleh receptor-nya, secara otomatis akan memperlambat aktivitas sel tubuh, juga menyebabkan pembesaran pembuluh darah. Kafein dapat menyaingi fungsi adenosin, terutama dalam membuat ikatan dengan receptor. Kafein tidak akan memperlambat gerak tubuh, seiring makin banyaknya kafein yang terserap masuk, lambat laun sel tubuh tidak akan merespon terhadap perintah-perintah adenosin, karena receptor di otak lebih sibuk bergumul dengan kafein, lain kata, kafein membalikkan semua pola kerja adenosin, yang dapat menimbulkan rangsangan terhadap susunan saraf otak, sehingga mengakibatkan daya pikir menjadi lebih tajam. Kafein dapat mencapai otak dan masuk sistim saraf melalui aliran darah dalam waktu 15 menit setelah seseorang minum kopi.
Kopi, yang sering dituding sebagai kambing hitam timbulnya penyakit, ternyata mempunyai sisi yang positif. Oleh karena itu jangan langsung percaya dengan cerita yang beredar tentang dampak negatifnya kafein. Teruslah minum kopi demi kebugaran Anda, jangan berlebihan, minum kopi dengan kadar kafein hingga 240 mg per hari, dan Anda akan tetap sehat.
Jika kopi di konsumsi secara berlebihan tentu akan mempunyai dampak yang tidak baik, begitu juga dengan yang lain jika kita menkonsumsi secara berlebihan akan dapat menimbulkan hal yang tidak baik. Minum kopi berlebihan akan berpeluang untuk mengundang penyakit, seperti sulit tidur (insomnia), sakit kepala yang hebat, jantung berdebar-debar, bahkan kepanikan akan timbul terutama pada orang-orang yang sensitif. Kategori seorang pengkonsumsi berlebihan adalah jika dalam 1 hari sebanyak 1000 mg atau setara dengan 8-10 cangkir.

Sumber: http://afruri.blogspot.com/2009/05/kandungan-zat-zat-kimia-pada-biji-kopi.html
http://carahidup.um.ac.id/2009/10/manfaat-kafein/
Share this article :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "disamping bahaya, tapi masih ada manfaatnya kopi"